Pro dan Kontra Digital Signatures

Sebelum kita mulai, mari kita diskusikan perbedaan antara tanda tangan elektronik dan tanda tangan digital. Ada perbedaan khas yang penting untuk dipahami.

Tanda Tangan Elektronik

Ini adalah tanda tangan yang Anda tambahkan ke dokumen yang ada di Internet. Itu bisa berupa email, atau file PDF. Dalam setiap kasus ada berbagai cara untuk membuat dan menambahkannya ke dokumen.

Tanda tangan elektronik lain yang mungkin Anda kenal adalah yang digunakan saat mengirim paket ke rumah yang harus Anda tanda tangani. Atau, bahkan di gerai ritel tempat Anda menggunakan kartu kredit Anda. Tampaknya perangkat tanda tangan elektronik lebih sering digunakan.

Ini mungkin terlihat seperti buku elektronik atau gadget dan akan memiliki bidang yang terlihat seperti ini x______________. Di sinilah Anda menandatangani nama Anda. Ini sebagus jika Anda menandatangani selembar kertas. Ini menunjukkan bahwa transaksi telah terjadi dan Anda telah menyetujuinya dengan menandatangani nama Anda.

Pro: Tidak ada kertas yang sulit untuk ditandatangani, nyaman dan aman untuk pedagang. Ini berfungsi sebagai bukti kesepakatan untuk masalah biaya kembali.

Menipu: Biaya Peralatan.

Tanda Tangan Digital

Tanda tangan digital berbeda dan lebih rumit. Tanda tangan digital diperoleh dari layanan seperti Verisign.

Tanda tangan digital digunakan untuk mengotentikasi penulis dokumen yang dikirim secara elektronik. Anda mendapatkannya dari situs 'otoritas sertifikat'. Ada beberapa pemeriksaan identitas yang diperlukan sebelum Anda dapat menerima tanda tangan digital Anda.

Tanda tangan digital dilengkapi dengan otoritas kunci publik atau PKI. Ketika Anda menerapkan dan menerima tanda tangan digital, Anda mendapatkan dua kunci. Satu tanda tangan adalah kunci publik dan yang lainnya adalah kunci privat.

Pro: Sangat aman, melibatkan enkripsi antara mengirim dan menerima dokumen.

Ketika Anda menandatangani dokumen secara digital, Anda menggunakan tanda kunci pribadi Anda. Kemudian, dokumen tersebut 'di-hash', dienkripsi dan dikirim ke penerima. Mereka menggunakan kunci publik Anda, yang sebelumnya Anda berikan kepada mereka. Jika tidak ada perubahan yang dilakukan pada dokumen sebagaimana dikonfirmasi oleh kunci privat, item tersebut kemudian didekripsi dan muncul dalam format bacaan normal.

Jika karena alasan apa pun kunci publik tidak berfungsi, maka itu berarti bahwa item tersebut telah dirusak.

Menipu: Beberapa sertifikat lebih mudah diperoleh daripada yang lain.

Tanda tangan digital lebih untuk perlindungan berbasis teknologi dan undang-undang tentang mereka akan tergantung pada hukum negara. Sertifikat kedaluwarsa sehingga tanggung jawab penerima untuk mengkonfirmasi kunci publik berlaku. Jika Anda pemilik kunci, Anda harus bertanggung jawab untuk menjaga keamanannya. Akal sehat seharusnya berlaku. Jika Anda sudah mengalami semua kesulitan untuk mendapatkannya, jangan berikan kepada orang lain untuk digunakan.

Untuk tindakan pencegahan tambahan, pertimbangkan untuk mendapatkan layanan yang memberikan stempel waktu pada dokumen. Jika Anda berpikir kunci Anda telah dicuri, ini dapat membantu menentukan kapan dan siapa yang mencuri kunci Anda.

Kecuali Anda memiliki bisnis yang memerlukan transmisi dokumen yang dijamin, Anda tidak akan memerlukan tanda tangan digital PKI. Bagi kebanyakan dari kita, tanda tangan yang Anda tambahkan ke dokumen PDF Anda sudah cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *