Menimbang Pro's and Con's Of Reputasi Manajemen Dalam Dunia Online Centric Konsumen

Internet telah menyediakan informasi untuk semua orang, di mana saja. "Kata-kata dari mulut ke mulut" memiliki arti yang sama sekali baru di dunia "selalu" kita. Pelanggan Anda menggunakan mesin telusur, media sosial, dan banyak situs web lain yang memungkinkan mereka untuk menyuarakan pendapat mereka kepada siapa saja yang mendengarkan – dan mereka mungkin berbicara tentang Anda dan bisnis Anda juga! Itu bisa menjadi hal terbaik yang pernah terjadi pada bisnis Anda, atau bisa berubah menjadi mimpi buruk hubungan publik terburuk Anda.

Ini bukan lagi hanya upaya pemasaran Anda yang diperhitungkan – dengan semakin pentingnya umpan balik konsumen dan reputasi online, konten yang dibuat pengguna telah menjadi faktor penting dalam pengambilan keputusan juga. Satu studi baru-baru ini menemukan bahwa lebih dari tujuh puluh persen pelanggan memilih merek, yaitu perusahaan berdasarkan pengalaman dari pelanggan lain yang dibagikan secara online. Kebutuhan bisnis untuk mengendalikan reputasi online mereka telah melahirkan industri manajemen reputasi baru.

Tujuannya adalah untuk memantau apa yang dikatakan orang lain tentang merek Anda, mempromosikan konten positif yang membangun kepercayaan pelanggan, dan mengatasi serta mencoba untuk menekan ulasan negatif dan salah serta masalah reputasi online lainnya. Manajemen reputasi online adalah suatu keharusan ketika melakukan bisnis online, tetapi ia datang dengan keuntungan dan kerugiannya sendiri.

Secara mengejutkan sulit untuk menghapus informasi negatif tentang suatu bisnis, kecuali dalam kasus-kasus fitnah yang jelas di mana Anda dapat membuktikan bahwa informasi tersebut salah dan memfitnah. Namun, sebagian besar strategi manajemen reputasi berfokus pada penekanan, bukan penghapusan konten negatif. Tujuannya di sini adalah untuk mencoba mengendalikan apa yang prospek Anda temukan ketika mereka mencari informasi tentang bisnis, produk, atau layanan Anda. Untuk mendorong informasi negatif ke bawah, halaman hasil mesin pencari dipenuhi dengan konten positif baru yang dihasilkan oleh perusahaan manajemen reputasi Anda.

Menyewa perusahaan untuk mengelola reputasi Anda tidak datang tanpa serangkaian kerugiannya sendiri. Jika Anda seorang startup atau bisnis kecil yang beroperasi dengan margin laba yang ketat tetapi mempertimbangkan untuk menyewa perusahaan manajemen reputasi, Anda mungkin menemukan biaya pelarangan jasa tersebut. Lebih jauh lagi, karena kita berurusan dengan industri baru, mungkin ada masalah dengan standar etika perusahaan manajemen reputasi Anda: menangani keluhan pelanggan yang sebenarnya dengan cara yang efektif dan tepat waktu pasti mengalahkan mempekerjakan orang untuk menulis ulasan positif yang mungkin tidak asli. Pelanggan Anda mungkin menjadi curiga terhadap aktivitas semacam itu – dan strategi manajemen reputasi Anda mungkin menjadi bumerang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *